Conference Travel Grant
Conference Travel Grant

     Sebagai tindak lanjut dari tuntutan diseminasi pengetahuan, dosen diminta untuk mempublikasikan hasil penelitiannya agar reputasinya sebagai peneliti meningkat, terutama pada tingkat internasional. Konferensi nasional dan internasional merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut.

     Beberapa konferensi tidak memungut biaya sama sekali. Beberapa lainnya membutuhkan biaya pendaftaran. Bila dilaksanakan jauh dari UIN Jakarta, maka butuh biaya tambahan untuk perjalanan yang kadang-kadang tidak sedikit. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berupaya memberi dukungan dana bagi dosen atau peneliti yang hendak mempresentasikan hasil temuan penelitiannya di forum ilmiah internasional yang bereputasi.

     Melalui partisipasi kegiatan konferensi akademik, para peneliti diharapkan dapat berinteraksi dan bertukar informasi, sehingga akan menambah wawasan ilmu pengetahuan dan kematangan berfikir ilmiah. Konferensi internasional juga dapat dipergunakan oleh para peneliti untuk menjalin kerjasama dalam berbagai kegiatan riset antar disiplin ilmu pengetahuan, khususnya dengan para peneliti dari luar negeri. Partisipasi dalam konferensi internasional dapat juga membuka peluang publikasi ilmiah pada jurnal internasional yang terindeks.

 

Persyaratan

  1. Surat rekomendasi dari dekan yang menyatakan bahwa calon pelamar adalah dosen yang layak mengikuti dan diizinkan untuk meninggalkan tugas mengajar selama menghadiri konferensi; 
  2. Edaran atau pengumuman (call for paper atau call for abstract) dari organisasi pelaksana konferensi yang mencerminkan level kenasionalan maupun keinternasionalan serta spesialisasi bidang ilmu forum ilmiah tersebut;
  3. Surat Pernyataan yang dibubuhi materai Rp10.000 dan ditandatangani oleh calon peserta serta diketahui oleh pimpinan fakultas (form dapat diunduh di sini ).
  4. Naskah makalah atau artikel lengkap yang akan didiseminasikan pada konferensi nasional/internasional;
  5. Surat penerimaan atau letter of acceptance dari panitia atau penyelenggara konferensi;
  6. Jadwal presentasi sementara yang diterbitkan oleh penyelenggara konferensi;
  7. Rincian biaya yang diperlukan, terdiri atas biaya pulang pergi transportasi udara kelas ekonomi, visa, transport lokal menuju dan dari bandara, akomodasi 2 malam, biaya hidup 3 hari, dan biaya pendaftaran konferensi. Kekurangan pembiayaan dapat diupayakan dari sumber lain.
  8. Bagi dosen yang mengikuti konferensi ilmiah di luar negeri harap menyiapkan secara mandiri Surat Perjalanan Dinas Luar Negeri Kementerian Agama ( klik di sini untuk mengetahui lebih jauh) dan Sekretariat Negara ( klik di sini untuk mengetahui lebih jauh) atau menghubungi staf di Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI) UIN Jakarta. Waktu yang dibutuhkan sampai Surat Perjalanan Dinas Luar Negeri Kementerian Agama dan Sekretariat Negara selesai membutuhkan waktu PALING CEPAT 3 MINGGU.
  9. mengisi formulir (klik di sini) ;**

**Jumlah Kuota Peserta CTG Internasional Sudah Habis

 

Prosedur Kegiatan

  1. Formulir dan Berkas persyaratan diprint out dan dikirim ke LP2M Gedung Rektorat Lt 3, Kampus I UIN Jakarta;
  2. Usulan sudah diterima LP2M selambat-lambatnya 50 hari kerja sebelum jadwal pelaksanaan konferensi;
  3. Jadwal pelaksanaan konferensi di luar negeri yang diusulkan harus diselenggarakan sebelum tanggal 5 November 2023;
  4. Bantuan biaya perjalanan konferensi luar negeri ini hanya diprioritaskan bagi dosen yang akan mempresentasikan makalah;  
  5. Peserta segera menyampaikan laporan pelaksanaan dan full paper penelitian yang dikonferensikan dalam bentuk hard copy dan soft copy (dikirim melalui aplikasi SIAPP: siapp.uinjkt.ac.id) yang disertai bukti-bukti pengeluaran asli dengan memperhatikan batas maksimum dana. Laporan paling lambat diserahkan 10 (sepuluh) hari kerja setelah konferensi .

 

Pembiayaan 

     Anggaran yang dialokasikan oleh LP2M UIN Jakarta adalah maksimal Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah) untuk international conference dan Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) untuk national conferenceKuota untuk international maupun national conference masing-masing sebanyak 25 orang.

 

Jadwal Kegiatan

  • 1
    Pendaftaran dan Pelaksanaan Program
    April-September
  • 2
    Penyerahan Laporan
    15 November

Please submit your application below :