Workshop Pendampingan UMKM dan Digital Marketing

Jakarta, Kabar LP2M – Rabu, 27 Juli 2022 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegiatan Workshop Pendampingan UMKM dan Digital Marketing yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Diorama, lantai dasar Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan sesuai atuaran yang berlaku. Kegiatan Workshop Pendampingan UMKM dan Digital Marketing ini dipimpin oleh Ketua LP2M, Prof. Jajang Jahroni, M.A., Ph.D dan dibuka oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, M.A. Rektor Amany Lubis dalam sambutannya mengatakan, bahwa UIN Jakarta telah mampu membantu dan berkonstribusi dalam pengembangan UMKM di masyarakat wilayah sekitar kampus UIN Jakarta.

Kegiatan Workshop Workshop Pendampingan UMKM dan Digital Marketing ini berlangsung dalam dua sesi. Pada sesi pertama di isi oleh bapak Farid Manaf S.Pd yang merupakan coach dari PT. Coach Farid Colleague. Dalam penyampaian materinya, Farid Manaf S.Pd memberikan penjelasan mengenai apa saja yang dibutuhkan serta memberikan tips & trick untuk mendaftarkan dan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) serta memberikan penjelasan mengenai skema pendampingan UMKM.

(Penyampaian materi oleh Coach Farid Manaf S.Pd dari PT. Coach Farid Colleague)

Pada sesi selanjutnya, kegiatan workshop ini di isi oleh Muhyi Nur Fitrahanefi, SKM, M.KKK. yang juga merupakan coach dari PT. Coach Farid Colleague. Dalam penyampain materinya, ia menjelaskan bagaimana tata cara dalam melakukan pemasaran melalui digital marketing yang sudah terakreditasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lebih lanjut, ia menjelaskan permasalahan UMKM yang ada di Indonesia untuk saat ini masih memiliki banyak masalah. Salah satunya ialah pada pemasaran produk. Untuk itu, dalam menawarkan produk harus lah sesuai dengan platform dan target konsumen produk.

(Penyampaian materi oleh Coach Muhyi Nur Fitrahanefi, SKM, M.KKK. dari PT. Coach Farid Colleague)

Kegiatan Workshop Pendampingan UMKM dan Digital Marketing ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pentingnya untuk memahami bagaimana cara mengiklankan dan memasarkan produk atau jasa yang kita tawarkan agar lebih cepat menarik perhatian konsumen.

*Untuk Materi dari Workshop Pendampingan UMKM dan Digital Marketing bisa di unduh melalui link berikut: materi workshop

(Dokumentasi para peserta Workshop Pendampingan UMKM dan Digital Marketing)

 

Written by