Akselerasi Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2022

Jakarta, Kabar LP2M – Selasa, 11 Oktober 2022 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegiatan Akselerasi Guru Besar (AGB) UIN Jakarta 2022 yang dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 21-23 September 2022. Pada tahun ini, kegiatan Akselerasi Guru Besar diselenggarakan di hotel D’Anaya, Bogor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pada pelaksanaannya, kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Zulkifli, MA. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

(Pembukaan Kegiatan Akselerasi Guru Besar oleh Dr. Zulkifli, MA. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Pada hari kedua, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian materi serta pendampingan oleh para narasumber yang hadir untuk membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk meraih gelar guru besar, seperti menghitung angka kredit yang dibutuhkan untuk meraih gelar guru besar, penjelasan mengenai poin-poin yang menjadi penilaian terhadap karya ilmiah yang harus dipublikasikan pada jurnal internasional yang terindeks scopus dan strategi dalam menyusun jurnal penelitian agar memenuhi standar yang ditetapkan sehingga dalam waktu satu atau dua tahun ke depan artikel-artikel tersebut dapat dipergunakan sebagai syarat kenaikan pangkat menjadi guru besar. Diantara para narasumber yang hadir pada kegiatan ini adalah  Prof. Jajang Jahroni, M.A., Ph.D, Prof. Dr. Muhammad Nur Rianto Al Arif, M.Si., Prof. Dr. M. Arif Mufraini, Lc., M.Si, Prof. Ali Munhanif, M.A, Ph.D, Didin Nuruddin Hidayat, M.A., Ph.D., dan Dr. Rena Latifa, M.Psi.

(Sesi diskusi dengan Prof. Jajang Jahroni, M.A., Ph.D)

(Sesi diskusi dengan Prof. Dr. Muhammad Nur Rianto Al Arif, M.Si.)

Pada hari ketiga, kegiatan ini diisi dengan evaluasi mengenai kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama 2 hari kemarin dan diakhiri dengan penutupan acara yang ditutup langsung oleh Prof. Jajang Jahroni, M.A., Ph.D, selaku Kepala LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan Akselerasi Guru Besar tahun ini diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari berbagai fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan 2 peserta dari universitas lain.

(Dokumentasi Kegiatan Akselerasi Guru Besar 2022)

Written by