5th International Conference on Interreligious Studies, Science, and Technology (ICONIST) 2022

Jakarta, Kabar LP2M – Senin, 15 Agustus 2022 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UHN I Gusti Bagus Sugriwa menyelenggarakan International Conference on Interreligious Studies, Science, and Technology (ICONIST) 2022 yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 10 -12 Agustus 2022 di kabupaten Bangli, Bali. Pembukaan kegiatan ICONIST 2022 ini dilaksanakan di Tugu Pahlawan, Desa Penglipuran dan dibuka secara langsung oleh Bapak Sang Nyoman Sedana Arta, SE selaku Bupati Bangli, dan dilanjutkan oleh Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. selaku rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa serta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA. selaku rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pada sambutannya, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA. menerangkan bahwa saat ini kita berada di era transisi, di mana peradaban kita mulai pulih dari pandemi Covid-19. Namun, pada saat yang sama kita juga harus menghadapi banyak tantangan global di berbagai belahan dunia yang jelas dapat menghambat proses pemulihan. Maka, sangat penting untuk kita berkolaborasi / bekerja sama guna memperjuangkan proses transisi ini agar berjalan lancar. Diharapkan, kerjasama antara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa melalui ajang 5th ICONIST ini mampu memberikan dialog-dialog intelektual mengenai isu-isu multi-faceted yang berkaitan dengan situasi saat ini agar kita dapat segera mencapai pemulihan bersama, pemulihan yang lebih kuat.

Setelah kegiatan ICONIST 2022 dibuka, kegiatan berlanjut dengan Diskusi Panel yang berlangsung di Auditorium Kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Bangli. Diskusi panel ini terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama diisi oleh Prof. Dr. Zulkifli, MA.  dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. H. M. Amin Nurdin, MA dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Amanah Nurish, Ph.D dari Universitas Indonesia. Lalu pada sesi kedua, kegiatan diskusi diisi oleh Dr. I Gede Suwantana, S.Ag, M.Ag, Ph.D dari UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Prof. Ali Munhanif, M.A, Ph.D dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Prof. Julian Millie dari Monash University. Pada kegiatan ini, para presenter juga mengikuti kegiatan Parallel Session untuk memaparkan dan mendiskusikan hasil karya tulis ilmiah yang sudah dikumpulkan selama masa pendaftaran ICONIST 2022. Jumlah peserta yang menjadi presenter berjumlah 48 orang, diantaranya 41 presenter yang berasal dari berbagai fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 5 presenter yang berasal dari UHN I Gusti Bagus Sugriwa, dan 2 presenter yang berasal dari IAIN Palangkaraya.

(Sambutan Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., selaku rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa)

(Sambutan Prof. Dr. Hj. Amany Lubis MA., selaku rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

(Sambutan dan pembukaan ICONIST 2022 oleh bapak Sang Nyoman Sedana Arta, SE selaku Bupati Bangli)

(Cultural and Dance Performance)

(Foto bersama Rektor, Wakil Rektor, Jajaran LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UHN I Gusti Bagus Sugriwa, dan beberapa peserta ICONIST 2022)

(Diskusi Panel bersama Prof. Dr. Zulkifli, MA., Prof. Dr. H. M. Amin Nurdin, MA dan Amanah Nurish, Ph.D)

(Suasana kegiatan Parallel Session para peserta ICONIST 2022)

(Diskusi Panel bersama Dr. I Gede Suwantana, S.Ag, M.Ag, Ph.D, Prof. Ali Munhanif, M.A, Ph.D dan Prof. Julian Millie)

(Sesi Tanya Jawab pada Diskusi Panel)

(Penyerahan Cindera Mata dan Sertifikat oleh Ade Rina Farida, M.Si. selaku Sekretaris LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kepada Prof. Julian Miliie selaku Narasumber Diskusi Panel)

(Penyerahan Sertifikat oleh Dr. I Made Sugata, M.Ag selaku Ketua LP2M UHN I Gusti Bagus Sugriwa kepada Prof. Ali Munhanif, M.A, Ph.D selaku Narasumber Diskusi Panel)

(Penyerahan Sertifikat oleh Dr. I Made Sugata, M.Ag selaku Ketua LP2M UHN I Gusti Bagus Sugriwa kepada Dr. I Gede Suwantana, S.Ag, M.Ag selaku Narasumber Diskusi Panel)

(Foto Bersama para peserta dengan Narasumber Diskusi Panel)

 

Written by