Workshop E-Kekayaan Intelektual (KI) LP2M

LP2M- Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI)/ Intellectual Property Rights merupakan elemen kunci di dalam menciptakan daya saing individu dan/atau nasional/internasional. Perubahan fungsi HKI dari fungsi perlindungan menjadi elemen utama strategi pembangunan menjadi hal yang mutlak untuk dipahami oleh masyarakat luas khususnya para akademisi di perguruan tinggi. Perguruan tinggi harus secara aktif mendaftarkan karya civitas ademikanya agar teregistrasi dan dapat menunjang akses informasi kepada khalayak luas. Demikian pemaparan yang disampaikan oleh Ir. Razilu, M.Si Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM dalam acara workshop pendaftaran E-HKI yang diselenggarakan oleh LP2M pada Selasa (26/9) di Ruang Diorama UIN Jakarta.

Kemenkumham melalui Dirjen HKI mengatakan untuk perguruan tinggi, peningkatan jumlah Kekayaan Intelektual dapat dilakukan dengan cara: (1) pembentukan kerangka pikir daya saing riset di Perguruan Tinggi berupa program-program penguatan riset, (2) penelitian sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi dengan memfasilitasi fokus output penelitian ke arah hilirisasi dan komersialisasi, (3) skema universitas riset. Hal ini senada dengan rencana strategis UIN Jakarta yang sedang bertransformasi menjadi Research Based University dan menargetkan pencatatan KI sebanyak 1000 buah untuk tahun 2017 ini.

Acara workshop yang diikuti oleh 54 Ketua Jurusan/ Kepala Program Studi beserta sekretaris jurusan/ program studi ini juga membahas terkait teknis pendaftaran E-HKI yang dapat dilakukan oleh civitas akademika UIN Jakarta yang nantinya pendaftaran KI ini akan terpusat pada layanan LP2M. Kegiatan ini memberi kesempatan bagi para dosen di tiap fakultas, untuk mengajukan proses penerbitan HKI. Keseluruhan kegiatan ini diarahkan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas HKI para dosen di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan menaikkan ranking UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di tingkat nasional serta internasional (DPS)

 

Written by