The 1st Indonesia-Malaysia English Language Teaching (I-MELT) International Conference

LP2M– Penyelenggaraan Konferensi Internasional Pertama Indonesia – Malaysia English Language Teaching (1st I-MELT) berlangsung dengan meriah. Kegiatan yang diprakarsai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta dengan Universiti Putra Malaysia (UPM) ini mampu menghadirkan lebih dari 500 peserta dari 15 negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Thailand, Kamboja, Filipina, Singapore, Taiwan, Korea Selatan, Sri Lanka, Pakistan, Kuwait, Iran dan tentunya peserta dari Malaysia dan Indonesia. Konferensi ini juga berhasil mendatangkan tokoh tokoh dunia dalam bidang pengajaran Bahasa Inggris, seperti Carolyn Graham (Pembuat Jazz Chant dari Harvard University, USA) Jan Blake (World Best Story Teller dari Inggris), Alan Maley (Penerima ELT Lifetime Achievement Award dari IATEFL) dan sejumlah tokoh besar ELT dari dalam maupun luar negeri: Brian Tomlinson, Hitomi Matsuhara, Prof. Fuad Abdul Hamid, Prof. Joko Nurkamto dll.

Konferensi yang dimulai pada tanggal 16 Maret 2017 ini dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia HE Mr. A.M. Fachir dan berlangsung selama tiga hari. Dalam sambutannya, AM Fachir mengatakan konferensi ini merupakan kontribusi nyata dari akademisi Indonesia dan Malaysia tidak hanya untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Malaysia, tetapi secara khusus juga menyemaikan kemajuan pengajaran bahasa Inggris di kedua negara..

Dalam agenda kegiatan IMELT ini, terdapat 3 penyampaian materi kunci (Keynote Speech), 36 Plenary dan 180 sesi parallel. Fokus utama sekaligus tema besar IMELT tahun ini adalah “Breaking Borders, Enriching ELT Experiences”. Prof. Arskal Salim selaku ketua panitia menuturkan pentingnya kolaborasi 2 negara ini melalui skema University to University dalam pengembangan ilmu pengetahuan. “Konferensi ini menyediakan platform yang sangat baik untuk para pembicara dan peserta agar dapat saling bertukar ide dan gagasan terbaru dari metode atau strategi pengajaran bahasa Inggris bagi kedua negara” ujarnya. (DPS)

IMELT Trivia

  1. Jumlah Peserta : 36 Invited Speakers, 234 Presenters , 250 Participants
  2. Negara Peserta : 15
  3. Waktu Konferensi : 3 Hari
  4. Sesi Konferensi: 3 Keynote Speech, 36 Plenary dan 180 Parallel
  5. Universitas yang Bertisipasi: 39 Universitas dari Indonesia, 16 Universitas dari Malaysia