Mu’min Rauf

Mu’min Rauf, M.A.

Kandidat Doktor, SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

muminrauf@uinjkt.ac.id

SEJARAH SINGKAT
Mu’min Rauf, M.A. lahir di Bogor pada tanggal 16 April 1970 adalah dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lulus dari sekolah dasar, pria ini mengenyam pendidikan di Pesantren Daar El-Qolam dan lulus tahun 1989. Sebuah tradisi yang dijalankan di pesantren tersebut, pria ini ditunjuk untuk mengabdi selama satu tahun. Setelah satu tahun berlalu, ia melanjutkan kuliah di Fakultas Syariah IAIN (sekarang UIN) Jakarta dan lulus tahun 1995.
PENGALAMAN KERJA
Selama menjadi dosen, ia banyak aktif di pusat-pusat studi yang ada di IAIN/UIN Jakarta. Antara tahun 2000-2010, ia aktif di Pusat Studi Wanita (PSW UIN Jakarta) dan menjadi fasilitator Nasional gender. Posisi ini pula yang membawanya ke Aceh pada tahun 2006 untuk mendampingi perempuan dan anak yang menjadi korban tsunami. PSW UIN Jakarta merupakan anggota Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat (JPPR) yang banyak memberikan pendidikan politik di era reformasi. Melalui jaringan ini pulalah ia banyak melakukan voter education di beberapa wilayah di Indonesia, sekaligus menjadi pemantau independen untuk Pilkada di Indonesia. Pada tahun 2011 ia menjadi salah satu Steering Group di JPPR utusan PSW UIN Jakarta.Pusat Studi lain yang juga aktif di dalamnya adalah Pusat Studi Hukum dan HAM (Puskumham) UIN Jakarta, Center for Teaching and Learning Development (CTLD) UIN Jakarta, dan Indonesian Center for Civic Education (ICCE) UIN Jakarta. Pusat-pusat studi tersebut yang membuka pintu yang luas bagi yang bersangkutan untuk mengakses jaringan-jaringan yang ada, mulai dari pendamping madrasah di DKI Jakarta, narasumber di berbagai kementerian seperti Kemendagri, Kemenag, dan Kemenkopolhukam.

Pada tahun 2014-2015, pria ini digandeng oleh Bappenas bersama dengan Tim ICCE untuk menyusun Strategi Nasional Wawasan Kebangsaan yang saat ini sedang menunggu dikeluarkan Perpresnya. Pada tahun 2015 juga menjadi tim penyusun buku Panduan Pengarusutamaan Wawasan Kebangsaan di Kementerian Dalam Negeri, dan pada tahun ini ditugaskan oleh Kemenkopolhukam untuk melakukan analisis kebijakan bela negara di kawasan perbatasan.

PUBLIKASI & KARYA ILMIAH
Dalam bidang akademik, setelah menyelesaikan pendidikan S2nya, saat ini ia sedang melanjutkan pendidikan S3 di UIN Jakarta. Jauh sebelum itu, ia juga pernah mengikuti short course di Kanada pada tahun 2008. Pada tahun 2010-2011, ia menduduki jabatan Sektretaris Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam) di Fakultas Syariah dan Hukum, dan sekarang menjadi tenaga fungsional di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta sejak tahun 2014.
Beberapa buku yang pernah ditebitkan yaitu: Pengantar Kajian Gender (2000), editor buku Filsafat Hidup K.H. Ahmad Rifai Arief (2012), editor buku Integrasi Keilmuan (2014), dan sebagainya.