Research Fellowship

Merupakan program penelitian dari/ke perguruan tinggi atau lembaga penelitian luar negeri dengan durasi minimal dua bulan dan maksimal 4 bulan. Kegiatan yang dilaksanakan universitas tujuan antara lain: kuliah tamu,  joint research, penelitian kepustakaan, penulisan artikel jurnal internasional atau naskah buku. Di tahun 2015, dua research fellow dari luar negeri melakukan kunjungan riset ke UIN Jakarta dan tiga fellow dari UIN Jakarta melakukan kunjungan ke Australia dan Maroko.

Ada 2 jenis program untuk Reseaech Felloship, yaitu :

  1. Research Fellowship (Outbound)
    Research Fellowship (RESFEL) merupakan program penelitian ke perguruan tinggi/lembaga penelitian luar negeri dengan durasi minimal 1 (satu) bulan dan maksimal 4 (empat) bulan dengan melakukan kegiatan-kegiatan antara lain:

    • kunjungan ke universitas atau lembaga/pusat penelitian ternama di luar negeri;
    • penelitian kepustakaan atau lapangan mengenai tema yang berhubungan dengan studi Islam, kajian ilmu sosial dan humaniora, eksperimen laboratorium kedokteran dan teknologi;
    • penulisan artikel untuk jurnal internasional atau menyiapkan naskah buku berbahasa Inggris yang berasal dari penelitian sebelumnya;
    • penelitian bersama (joint research) dengan profesor di perguruan tinggi/lembaga riset mitra di luar negeri.
  2. Research Fellowship (Inbound)
    Kegiatan Research Fellowship (inbound) dimaksudkan untuk memperkuat jejaring (network) antara akademisi UIN Jakarta dengan akademisi dan peneliti mancanegara. Melalui program ini,  akademisi UIN Jakarta dan akademisi mancanegara difasilitasi untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan. Program ini didesain untuk mendukung peneliti atau akademisi mancanegara yang ingin menetap (jangka pendek) di Indonesia dalam rangka melakukan penelitian di berbagai disiplin ilmu. Program ini akan memfasilitasi peneliti dan akademisi mancanegara dengan berbagai jejaring yang dimiliki UIN Jakarta, fasilitas di UIN Jakarta berupa akses perpustakaan, arsip-arsip, pusat-pusat studi/penelitian dan laboratorium-laboratorium.