Kunjungan Kerja dan Observasi Wisata Halal LP2M Ke Lombok

Kunjungan Wisata halal adalah salah satu program yang sedang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pengunjung wisatawan dari Timur Tengah dan masyarakat muslim dunia lainnya. Program ini disambut hangat oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Untuk itu LPPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan kunjungan kerja dan observasi lapangan wisata halal di Lombok. Pulau Lombok dipilih terkait karena pada tahun 2016 mendapatkan penghargaan best halal tourism destination. Selain itu, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sudah membuka prodi wisata syariah pada tahun 2017 ini.

Tanggal 20 sampai dengan 24 April 2017, LPPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bertandang ke UIN Mataram dan menemui stakeholders dari pendukung wisata halal Lombok. Adapun lembaga  atau instansi yang dikunjungi LPPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada kesempatan waktu tersebut adalah:

LP2M UIN Jakarta berdiskusi dengan Stakeholder Pariwisata Halal di Lombok
  1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Mataram
  2. Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB)
  3. Islamic Center Nusa Tenggara Barat
  4. Hotel yang sudah menerapkan wisata halal, Novotel dan Gili Ombak

Untuk menindak-lanjuti kunjungan kerja ini, LP2M UIN Jakarta dan LP2M UIN Mataram bersepakat untuk melakukan penelitian kerjasama antar perguruan tinggi yang bertujuan mematangkan konsep wisata halal, memetakan potensi daerah tujuan, serta mengembangkan kapasitas stakeholders pariwisata halal di Indonesia. (DPS)

 

 

Written by