Susun Roadmap Pengelolaan Jurnal 2018 LP2M Selenggarakan Workshop

LP2M- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) bersama pengelola E-Journal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan workshop Evaluasi Pengelolaan Jurnal 2017 dan Penyusunan Roadmap Jurnal 2018 di Badan Diklat PU, Jumat (20/10). Kegiatan evaluasi pengelolaan jurnal dan roadmap pengelolaan jurnal 2018 merupakan tindak lanjut peningkatan kualitas pengelolaan jurnal yang memiliki 2 tujuan utama, yakni: (1) peningkatan jumlah jurnal terakreditasi dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan (2) peningkatan jumlah jurnal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terindeks internasional.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari pengelola 53 E-Journal di linkungan UIN Jakarta ini memberi kesempatan bagi para pengelola jurnal di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  untuk mendapatkan informasi dan evaluasi terkait fasilitas pengelolaan jurnal yang memadai; mulai dari perlengkapan teknis pengelolaan jurnal, kesiapan software, ruangan dan sinergi. Serta roadmap tindak lanjut pengelolaan jurnal di tahun 2018.

Foto bersama peserta workshop usai menyusun Roadmap pengelolaan jurnal 2018

Seperti diketahui, perhari ini jumlah jurnal terakreditasi nasional yang dimiliki oleh UIN Jakarta baru mencapai angka 5 buah (Jurnal Signifikan, Ilmu Ushuluddin, Al-Iqtishad, Ahkam,dan Studia Islamika) sedangkan jurnal yang memiliki reputasi indeks internasional ada 1 buah (Studia Islamika). Per tahun 2017, 6 jurnal di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta Fakultas Syariah dan Hukum sedang dalam proses pengajuan akreditasi. Workshop ini diarahkan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pengelolaan jurnal di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan menaikkan ranking UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di tingkat nasional dan internasional (DPS).

 

Written by