Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Penelitian (RIPP) Universitas 2017 – 2021

UIN Syarif Hidayatullah merupakan perguruan tinggi umum dengan akar historis yang kokoh dalam bidang Islamic Studies. Akar historis ini yang menjadi keunikan UIN Jakarta dan dapat dikelola menjadi sebuah keunggulan yang bersifat kompetitif bila dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya di tanah air.

Seiring dengan perjalanan waktu, semakin bertambahnya disiplin keilmuan selain Islamic Studies pada berbagai program studi yang diselenggarakan, semakin besarnya tuntutan universitas dalam mendidik sumber daya manusia yang lebih global dan bersaing seiring dengan terbukanya batas-batas ekonomi negara dan semakin tingginya kompetisi global sistem pendidikan tinggi.

Target yang paling dekat adalah UIN Jakarta bercita-cita menjadi salah satu dari 50 universitas terbaik di Asia TenggaraGuna mendukung terpenuhinya target RENSTRA dan menentukan arah penelitian UIN Jakarta maka LP2M membuat satu Rencana Induk Pengembangan Penelitian (RIPP) UIN Jakarta yang didalamnya memuat panduan teknis arah pengembangan penelitian universitas.

Dalam menentukan RIPP ini, universitas mengundang narasumber dari Dewan Riset Nasional (Ketua DRN), Balitbangkes Kementerian Kesehatan dan Balitbangkes Kementerian Pertanian.