Kegiatan Benchmarking Tim RIPP UIN Jakarta di Jerman

LP2M – Rangkaian Program Rencana Induk Pengembangan Penelitian (RIPP) LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terus berjalan dengan aktif. Salah satu upaya dalam memaksimalkan penyusunan RIPP ini adalah dengan menghubungkan UIN Jakarta dan membangun network dengan lembaga lembaga penelitian terkemuka dunia guna mencari dan mengidentifikasi best practice yang dapat diadopsi oleh UIN Jakarta. Untuk mencapai tujuan ini, pada akhir Juli sampai awal Agustus lalu tim RIPP UIN Jakarta berkunjung ke tiga institusi akademik di Jerman. Dipimpin oleh Ketua LP2M, Prof. M. Arskal Salim, GP. MA., Ph.D. delegasi LP2M menyambangi Marburg University, Max Planck Institute dan Leipzig University Jerman.

Kegiatan benchmarking yang dilaksanakan selama 7 hari ini selain memberikan wa-wasan yang diperlukan untuk membantu manajemen dalam memahami proses pengelolaan universitas dalam bidang penelitian, khususnya guna memperkaya informasi mengenai arah penelitian strategis UIN Jakarta, juga menghasilkan berbagai kesepakatan dan kerjasama yang akan dilakukan antar lembaga. Saat mengunjungi Centre for the Interdisciplinary Science of Religions (ZIR), Philipps-Marburg University, Marburg, misalnya disepakati adanya skema penelitian bersama, dan mengupayakan adanya pertukaran mahasiswa, penyelenggaraan bersama konferensi internasional serta dibuatnya forum peneliti antar universitas. Sedangkan di Max Planck Institute, akan diupayakan kerjasama dalam bentuk penelitian intensif di kedua lembaga. Kunjungan di Oriental Study-Leipzig University secara spesifik membahas pengembangan software pembelajaran, seperti pengembangan software pembelajaran bahasa arab, www.modern-standard-arabic.com yang memungkinkan dikerjakan bersama. Kemudian, di Institute of Psychology Leipzig University kerjasama penelitian dalam bidang rehabilitasi bencana di Indonesia akan menjadi prioritas di kedua lembaga.

Kunjungan ini juga dimanfaatkan untuk mempromosikan keunggulan dan keunikan penelitian yang dilakukan UIN Jakarta sebagai jendela ke-Islaman Indonesia yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dengan nuansa keagamaan dan kebangsaan dan menjadikannya sebagai identitas. Hasil kunjungan ini diharapkan akan semakin memperkuat citra UIN Jakarta dalam menyongsong target pencapaian sebagai World Class University . (DPS)

Written by