Evaluasi dan Diskusi Kegiatan Paska Konferensi Internasional 2017

LP2M- Rabu (6/12) bertempat di ruang rektor, para PIC/ perwakilan panitia Kegiatan Konferensi Internasional 2017 bersama tim LP2M menghadap rektor, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA untuk menyampaikan progress kegiatan paska konferensi sekaligus evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. UIN Jakarta melalui LP2M pada tahun ini menyelenggarakan 12 Konferensi Internasional yang pelaksanaanya didelegasikan pada Fakultas-fakultas dan beberapa Pusat/ UKP. Dalam tanggapannya, Rektor mengapresiasi jalannya kegiatan konferensi internasional 2017 yang berhasil mendatangkan para akademisi dari berbagai penjuru dunia serta diikuti dengan antusias oleh civitas akademika UIN Jakarta.

Penyelenggaraan kegiatan diseminasi keiilmuan semacam ini diharapkan akan meningkatkan publikasi terindeks oleh International Indexing Agencies (Scopus/ Thompson Reuters) dari para penulis yang terafiliasi dengan UIN Jakarta. Terlebih kedua belas konferensi internasional ini sudah memiliki partnership dengan beberapa publisher untuk membuat prosiding hasil konferensi. Perhari ini, konferensi internasional dari FST (CITSM- Computer and Information System) telah berhasil mempublikasikan prosidingnya di IAEEE yang terindkes scopus dengan 89 authors yang terafiliasi UIN Jakarta. Prosiding dari Konferensi Internasional lainnya di proyeksikan akan terbit pada awal atau pertengahan tahun 2018 dengan rincian penulis terafiliasi dengan UIN Jakarta sebagai berikut: ICOSAT (FST-Agriculture and Bussiness= 50), ICLTA (Pusat Bahasa-Language and Assessment=38), ICIFEM (FEB-Economy and Management=35), ICEMS (FITK-Education=102), ISH3SAIS (Pusat Halal-Halal Studies=9), GGHRMC (FSH- Good Governance=15), ICONQUHAS (FU-Quran and Hadits= 28), ICCLAS (FKIK- Medicine Studies= 34), CTDIR (FISIP-State and Democracy= 40), ICCLHAS (FAH-Language and Culture=53), dan ICISJ (FDK-Social Welfare 23).

Dengan total 516 penulis terafiliasi UIN Jakarta, Rektor mengharapkan target tercapainya 1000 publikasi internasional terindeks akan berhasil diraih pada tahun 2018. Keberhasilan ini juga akan meningkatkan grade UIN Jakarta sekaligus mempertahankan posisi sebagai PTKAIN dengan publikasi internasional terbanyak di Indonesia. Pada akhir sesi pertemuan ini Ketua LP2M, Prof. Dr. Arskal Salim GP, MA, menyampaikan komitmen LP2M untuk meningkatkan jumlah publikasi UIN Jakarta dengan menyelenggarakan kegiatan serupa pada tahun 2018 mendatang. (DPS).

Written by