Akselerasi Guru Besar

Guru besar merupakan tingkat pencapaian tertinggi bagi seorang dosen. Ketersediaan guru besar dari waktu ke waktu harus tetap terjaga sehingga persentasi jumlah guru besar minimal 10% dibandingkan seluruh dosen sebuah perguruan tinggi tetap terpelihara.

Program akselerasi guru besar di UIN Jakarta merupakan kegiatan yang bertujuan membantu dosen yang jabatannya sudah mencapai Lektor Kepala 550 dan 700 agar dapat segera meraih gelar guru besar. Salah satu syarat baku yang diterapkan saat ini adalah keharusan adanya artikel yang dipublikasikan di jurnal internasional yang terindeks scopus atau sederajat.

Mengingat bahwa semakin berkurangnya jumlah guru besar UIN Jakarta, khususnya untuk 4 tahun ke depan, program ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan ketersediaan guru besar dalam waktu dekat. Program ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pendampingan penyempurnaan karya tulis agar memenuhi standar yang ditetapkan oleh jurnal internasional, sehingga dalam waktu satu atau dua tahun ke depan artikel-artikel tersebut dapat dipergunakan sebagai syarat kenaikan pangkat menjadi guru besar.

LP2M akan melibatkan 10-12 Dosen UIN Jakarta yang telah mencapai jabatan Lektor Kepala 550 dan 700 untuk dikarantina mengikuti program ini. Dalam kegiatan ini, peserta didampingi oleh sedikitnya 2 (dua) narasumber mancanegara yang telah memiliki banyak publikasi di jurnal internasional dan difasilitasi oleh guru besar UIN Jakarta yang ditugaskan.

 Tujuan

Tujuan Program Akselerasi Guru Besar UIN Jakarta tahun 2017 adalah:

  1. meningkatkan daya saing dosen UIN Jakarta dalam bidang kinerja publikasi internasional;
  2. mengembangkan kompetensi calon Guru Besar UIN Jakarta dalam bidang riset, dan publikasi internasional;
  3. mendorong percepatan penambahan jumlah guru besar UIN Jakarta.

Tahapan Program

Adapun tahapan program ini adalah sebagai berikut:

  1. mendata dosen yang telah mencapai jabatan Lektor Kepala 550 dan 700 dari berbagai fakultas;
  2. mengklasifikasikan dosen berdasarkan disiplin ilmu dan bidang kajiannya;
  1. menyurati dekan agar mensosialisasikan dan mengizinkan dosen yang memenuhi syarat untuk mengikuti program akselerasi dosen dengan melampirkan calon peserta;
  2. menyeleksi calon peserta program berdasarkan kriteria yang ditentukan;
  3. mengumumkan calon peserta yang lolos seleksi;
  4. mengundang peserta untuk mengikuti technical meeting di kantor LP2M sekaligus melakukan:
  5. penandatanganan surat perjanjian mengikuti kegiatan secara penuh
  6. pembacaan hak dan kewajiban peserta program akselerasi guru besar
  7. mengundang peserta dan narasumber ke tempat yang ditentukan untuk pelaksanaan program;
  8. memonitoring dan mendampingi peserta untuk submit di jurnal internasional selambat-lambatnya enam bulan setelah kegiatan berakhir.

 Output

Program ini diharapkan dapat menghasilkan pencapaian berikut:

  1. Terdapat 11 dosen yang telah bergelar Doktor menduduki jabatan Lektor Kepala 550 dan 700 yang siap mengajukan kenaikan pangkat ke guru besar;
  2. Terdapat 22 naskah artikel jurnal internasional dalam bahasa Inggris yang siap untuk di-submit ke jurnal internasional terindeks

 Kriteria dan Persyaratan

Syarat-syarat calon peserta Program Akselerasi Guru Besar tahun 2017 adalah:

  1. Peserta telah menyelesaikan program S3 dan menyandang gelar doktor minimal 3 (tiga) tahun sejak diwisuda;
  2. memiliki 2 (dua) naskah artikel yang potensial untuk dapat diterbitkan (diutamakan yang sudah berbahasa Inggris);
  3. bersedia untuk dikarantina selama dua minggu di luar wilayah Jabodetabek;
  4. bersedia untuk tidak meninggalkan tempat karantina selama waktu yang ditetapkan kecuali ada alasan yang urgen dan mendesak, seperti sakit atau musibah kematian keluarga;
  5. bersedia untuk menerima masukan dan memperbaiki artikel agar memenuhi persyaratan untuk diterbitkan;
  6. mengisi formulir secara lengkap;
  7. bersedia menyelesaikan 2 (dua) naskah tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah penulisan jurnal internasional kepada LP2M paling lambat 3 (tiga) minggu setelah kembali dari kegiatan;
  8. lolos evaluasi kelengkapan berkas aplikasi dan seleksi penilaian;
  9. melampirkan dokumen data diri yang relevan (a) Ijazah S3, (b) CV terkini, (c) pas foto berwarna terbaru sebanyak 1 (satu) lembar;
  10. Diutamakan bagi dosen yang belum memiliki publikasi artikel jurnal internasional terindeks

Prosedur Pendaftaran dan Seleksi

Prosedur pendaftaran calon peserta Program Akselerasi Guru Besar tahun 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran Akselerasi Guru Besar yang sudah disediakan (softcopy formulir dapat diminta dengan mengirim email ke: lp2m@uinjkt.ac.id), atau dapat di download pada tombol link di bawah ini .
  2. Formulir yang sudah diisi lengkap tersebut kemudian di print out dan dikirim bersama dengan semua berkas persyaratan. Semua berkas tersebut dimasukkan ke dalam amplop berwarna coklat dan dikirim ke kantor LP2M UIN Jakarta, Gedung Rektorat lantai 3;
  3. Tim LP2M UIN Jakarta melakukan evaluasi berkas pendaftaran peserta. Berkas yang kurang lengkap tidak akan diserahkan untuk diperiksa lebih lanjut oleh Reviewer yang ditunjuk LP2M;
  4. Reviewer membaca semua berkas aplikasi yang memenuhi persyaratan dan memberi skor penilaian untuk masing-masing calon peserta berdasarkan kriteria yang disusun;
  5. Setelah Reviewer menyerahkan hasil penilaian berkas aplikasi dan rekomendasi nama-nama calon peserta yang lolos seleksi, Rektor UIN Jakarta menetapkan kelulusan peserta mengikuti program;
  6. LP2M mengumumkan nama-nama peserta program Akselerasi Guru Besar tahun 2017 yang berhasil melewati seleksi dan berhak mengikuti program.

 Pembiayaan

Untuk kegiatan program tahun 2017 ini, UIN Jakarta menyediakan dukungan pembiayaan berupa:

  1. Akomodasi dan konsumsi;
  2. Uang saku;
  3. Uang transportasi;

Jadwal dan Tahapan Kegiatan*

Jadwal dan tahapan program Akselerasi Guru Besar 2017 adalah sebagai berikut:

Gelombang I

NOWAKTUKEGIATAN
1Desember 2016 Diseminasi Informasi Program
21 - 10 Januari 2017 Batas akhir (deadline) penerimaan berkas aplikasi
310 – 18 Januari 2017 Pemeriksaan berkas administrasi dan review
427 Januari 2017 Pengumuman peserta yang lolos
531 Januari 2017 Penandatanganan kontrak program
63 Februari 2017 Technical Meeting/ Pembukaan
76 – 26 Februari 2017 Pelaksanaan program
820 Maret 2017Deadline penyerahan naskah artikel jurnal yang telah diperbaiki
*) Jadwal bersifat tentatif dan dapat berubah.
*) Untuk jadwal gelombang II (kedua) akan diumumkan kemudian