Bertemu Rektor, Visiting Scholars LP2M Paparkan Rencana Penelitian Kolaboratif

LP2M- Para Visiting Scholars Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) melakukan pertemuan dan diskusi terbuka dengan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA, di ruang kerja rektor, pada senin (9/10). Tahun ini LP2M menghadirkan 13 Visiting Scholars yang terdiri dari 11 Visiting Professor dan 2 Research Fellowship yang akan mengisi kelas kelas perkuliahan regular, serta menjadi pembicara dalam kegiatan seminar dan konferensi internasional. Para visiting scholars juga akan melakukan penelitian kolaboratif dengan para akademisi UIN Jakarta dari lintas fakultas yang memeliki expertise dan field of interest yang sama. Para visiting scholars berada di UIN Jakarta mulai awal tahun ajaran baru ini dengan variasi waktu yang berbeda (14 hari- 90 hari) dan ditempatkan pada Fakultas homebase sesuai dengan displin ilmu yang dikuasai.

Visiting scholars yang sudah memulai kegiatan akademisnya di UIN Jakarta antara lain; 1. Prof. Dr. Shirley Baker (Alliantz University- Amerika) yang ditempatkan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) 2. Prof. Irina R Katkova (St. Petersburg University- Rusia) di Fakultas Adab dan Humaniora, 3. Prof. Norbani Ismail (Amerika) di Fakultas Ushuludin, 4. Prof. Tomoaki Murata (Yamaguchi University- Jepang) di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dan Dr. Nevzet Celik (EPDHE Sorbone- Perancis) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Rektro dan para Visiting Scholars usai melakukan diskusi

Dalam pertemuan dan diskusi dengan rektor, para visiting scholar memaparkan progress rencana penelitian kolaboratif yang akan dilaksanakan dengan para dosen UIN Jakarta. Mereka memandang civitas akademika UIN Jakarta memiliki kapasitas dan kapabilitas riset yang unggul, sehinggga penelitian kolaboratif ini nantinya akan benar benar menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat dan berdampak luas bagi masyarakat. Dalam tanggapannya Rektor menyambut baik ide gagasan dan rencana kerja para visiting scholars yang diharapkan akan memperkuat iklim akademik di UIN Jakarta khususnya terkait penetian kolaboratif. Rektor berharap dengan adanya research collaborative ini, secara kuantitas artikel yang ditulis dengan afiliasi UIN Jakarta akan terus naik jumlahnya dan secara kualitas, konten artikel hasil penelitian akan lebih baik dan mendalam. (DPS)

Written by