Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif LP2M

LP2M-Sehubungan dengan upaya pembinaan dan peningkatan kemampuan dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam hal penyusunan proposal penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif  di Wisma Syahida UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari yakni pada hari senin, tanggal 8 Mei 2017 dan diikuti oleh lebih dari 54 dosen peniliti.

Kegiatan Workshop ini merupakan suatu kegiatan yang memiliki 3 tujuan utama, yakni: (1) peningkatan pemahaman dan kompetensi dosen dalam tahapan pembuatan proposal, (2) peningkatan pemahaman dan kompetensi dosen dalam metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, (3) upaya peningkatan kualitas penelitian dan jumlah publikasi di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional terindeks scopus.

Selama kegiatan, peserta dibagi kedalam dua kelas: Kelas kualitatif dan kelas kuantitatif. Kelas kualitatif dipandu oleh Dr. Hanief Saha Ghafur. Dr. Hanief memaparkan beberapa materi kunci desain kualitatif seperti: Penyusunan Latar Belakang Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktek , Literature Review dan Penyusunan Kerangka Berpikir, Desain Penelitian Kualitatif dan Metode Pengumpulan Data. Sedangkan untuk kelas kuantitatif Dr. Eng. Syaiful Anwar dihadirkan sebagai pemateri. Dr. Sayiful menegaskan beberap poin penting dalam penyusunan proposal penelitian kuantitatif, seperti: (1) judul proposal sebaiknya menarik dan tidak terlalu panjang, menggambarkan variabel-variabel yang akan diteliti, (2) latar belakang penelitian harus menggambarkan fenomena dan masalah yang akan diteliti, menjelaskan pentingnya penelitian dilakukan atau urgensi riset, (3) menjelaskan manfaat dan kontribusi hasil penelitian, (4) kajian pustaka harus merujuk pada jurnal-jurnal terupdate, memaparkan temuan-temuan spesifik yang berkaitan dengan judul penelitian, (5) kerangka berpikir dan hipotesis menggambarkan pondasi pikir peneliti, arah penelitian dan keterhubungan antara variabel satu dengan lainnya, (6) Metode penelitian disusun berdasarkan apa yang ingin diuji/dibuktikan/digali pada penelitian.

Dalam workshop ini peserta diajak untuk langsung membuat proposal penelitian dari bahan proposal yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Dari kegiatan ini peserta diharapkan mampu mendapatkan insight tentang cara penyusunan proposal penelitian yang berpotensi hibah. (DPS)

Written by