Prof. Tomoaki Murata, Ph.D Menyampaikan Kuliah untuk Mahasiswa FKIK

LP2M- Visiting Scholars dari Science Research Center- Yamaguchi University Jepang, yang dihadirkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), Prof. Tomoaki Murata, Ph.D mengisi kelas reguler di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Prof. Murata yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu medis trasnplantasi organ ini selama 2 minggu (28 September – 13 Oktober)  akan menyampaikan materi perkuliahan pada kelas kelas reguler di FKIK dengan fokus pada materi “development of transgenic mice”.

Prof. Murata telah dikenal luas karena berhasil mengembangkan teknologi produksi stem cells (sel punca) yang diisolasi dari sumsum tulang (bone marrow stem cells) tikus dewasa untuk dimultiplikasi (proliferasi) serta diinduksi untuk diferensiasi menjadi sel-sel saraf (neuron) dan glial dengan metode kultur in vitro dan secara in vivo setelah ditransplantasikan ke tikus resipien yang memiliki lesio otak. Uji rekayasa genetik ini diharapkan akan mampu menjawab persoalan persoalan medis yang semakin berkembang.

Kelas para mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter yang dikunjungi Prof. Murata mendapatkan banyak informasi serta insightful knowledge berkenaan dengan berbagai persoalan dan tantangan seputar dunia kesehatan yang akan dihadapi dimasa datang. Prof. Murata juga mengajak para mahasiswa PSPD ini untuk langsung mempraktikan apa yang mereka pelajari dalam kelas di laboraturium.

Kegiatan mengajar di kelas kelas reguler adalah satu dari banyak kegiatan yang biasa dilakukan oleh visiting scholar yang diundang LP2M. Kegiatan lain dapat berupa Public Lecture, Studium General, Pendampingan Penulisan Artikel, Seminar, Konferensi Internasional dan pengerjaan Riset Kolaboratif. (DPS)

Written by