Benchmarking Tim RIPP LP2M dengan Yamaguchi dan Ritsumeikan Asia Pacific University Jepang

LP2M– Dalam rangka mensukseskan program penyusunan Rencana Induk Pengembangan Penelitian (RIPP) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 15 hingga 19 Mei yang lalu, tim LP2M yang diketuai oleh dr. Flori Ratna Sari, Ph. D mengadakan “benchmarking” ke dua universitas ternama di Jepang yaitu Yamaguchi University dan Ritsumeikan Asia Pacific University.

Benchmarking sendiri dipahami sebagai proses identifikasi “praktek terbaik” yang dilakukan oleh suatu institusi untuk diadaptasi dan diterapkan. Benchmarking memberikan wawasan yang diperlukan untuk membantu manajemen dalam memahami proses pengelolaan universitas baik dengan cara membandingkannya dengan bidang kajian serupa maupun dengan yang berbeda.

LP2M, sebagai lembaga yang ditunjuk oleh UIN Jakarta untuk memuluskan target pencapaian Renstra dan Well Recognized University memandang perlu melakukan benchmarking ke universitas-universitas terkemuka baik di Asia maupun Barat. Hasil kunjungan tersebut akan dijadikan sebagai dasar bagi LP2M dalam menentukan arah kebijakan, riset dan publikasi serta implementasinya pada tahun-tahun mendatang.

Fokus kunjungan ke Jepang dalam rangka benchmarking adalah sharing informasi berkaitan dengan kerjasama penelitian internasional (international collaboration research) dan penawaran program visiting professor dengan skema inbound kepada kedua professor dari kedua universitas tersebut, yaitu Prof. Tomoaki Murata, direktur Animal Medical Center Laboratorium Yamaguchi University dan Prof. Yasushi Suzuki, Professor bidang Ekonomi Islam Ritsumeikan Asia Pacific University. Tawaran ini disambut baik oleh kedua Professor tersebut dan akan berkomitmen utuk terlibat dalam kegiatan visiting professor di UIN Jakarta tahun 2017.

Diharapkan selama berada di UIN Jakarta, kedua professor ini akan dapat membantu mengarahkan program riset sains & humaniora yang telah dikembangkan oleh peneliti UIN Jakarta. (DPS/DN)

 

Written by